TENTANG SI CHIMER

Monday, September 16, 2013

NOVEL DULU vs NOVEL SEKARANG

Saya baru saja menemukan buku RL Stine lama di sebuah toko buku keren dan buku itu diobral dengan harga sangat menarik. Saya membeli enam dan membacanya saat ini. Tiba-tiba saya merindukan masa lalu.

om R.L. Stine

Saya dan teman kos ngobrol masalah itu dan menemukan beberapa kesimpulan. Dulu, buku-buku ditulis dengan kata-kata yang lugas dan jelas. Dulu buku-buku lebih mengutamakan plot ketimbang deskripsi tempat yang (bagi saya) membosankan. Dulu ending dari buku-buku itu tidak mudah ditebak.

Sekarang novel-novel penuh kata-kata puitis yang seringnya terkesan menye-menye (kebanyakan yah, catat, ga semuanya). Masalah kecil dibesar-besarkan. Kaya jadi orang paling menderita sedunia. Menjual kegalauan mahagapenting di mana-mana. Sekarang lebih mengutamakan hal-hal galau dan deskripsi tempat seting luar negeri. Saya sih, kalau deskripsinya kebanyakan malah ngantuk. Sekarang, ending-ending buku, dari judulnya aja udah bisa ketebak.


Namanya lagi trend. Semua akan datang dan berlalu. Mari menulis hal-hal yang kita sukai saja. Walau tidak trend tidak apa-apa. Mungkin tulisan kita suatu saat jadi trend.

Oh ya, ada OBRAL BUKU MURAH DI SINI!!!!

Main-main :D

4 comments:

Suci Mine said...

hu-uh, saya suka baca karya2 sidney sheldon suka deg-deg ser sendiri, endingnya nggak ketebak... setiap abis baca novelnya seperti masih ada "rasa" yang membekas *ceilah*

mbak Nes, aku ikutan giveaway-mu, meramaikan aja, kalo menang ya Alhamdulillah *ngarep* hehehe
btw, udah diliat belum ya?

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

Tapi buku2 kayak gitu-lah yang laku... Mau gak mau, kalau mau sukses, ikuti rule-nya... haaaah... :(

Jiah Al Jafara said...

yo i, novel dulu bahasanya mantep tanpa galau...
aku juga suka kalo baca2 sastra lama

Edot Herjunot said...

aku sampe sekarang masih suka berburu novelnya R.L Stine ..
aku suka serial goosebumps ...
banget malahan~

Popular Posts

Follower